Nama : Ikrimah
NPM : 10.21.0005
Kelas : C
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tugas No.2
Nama Sekolah : SMP/MTS................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII
/ 1
Alokasi Waktu : 4 x
45 menit (2 x pertemuan)
Topik Pembelajaran : Invitation
Pertemuan Ke : 1
Standar
Kompetensi (SK)
Mendengarkan
1.
Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sangat sederhana
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar (KD)
2.
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: Mengundang, menerima dan menolak
ajakan.
A.
Tujuan:
·
Siswa
dapat mengidentifikasi kata yang didengar
·
Siswa
dapat mengidentifikasi makna kata
·
Siswa
dapat mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui dan tidak menyetujui
undangan dan ajakan
·
Siswa
dapat merespon tindak tutur menyetujui dan tidak menyetujui undangan dan ajakan
·
Siswa
dapat mengidentifikasi konteks situasi
B.
Materi:
Contoh makna tindak tutur menyetujui dan tidak menyetujui undangan
dan ajakan dalam situasi formal
Inviting
|
Accepting
an Invitation
|
Declining
an Invitation
|
·
Would you
like to...
·
I’d very much
like you to...
·
We should be
pleased/delighted if you could...
·
Would you
care to...
·
You will....
won’t you ?
|
·
That’s very
kind of you
·
We’d very
much like to...
·
What a
delightful idea
·
With the greatest
pleasure
·
Thank you very
much for inviting me
|
·
I’m very
sorry, I don’t think I can
·
I’d like to,
but...
·
I’m afraid
I’ve already promised
·
Thank you for
asking me, but...
·
Unfornately,
I can’t...
|
Contoh makna tindak tutur menyetujui dan tidak menyetujui undangan
dan ajakan dalam situasi informal
Inviting
|
Accepting
an Invitation
|
Declining
an Invitation
|
·
Why don’t you
come to...
·
Like to come
to...
·
Come and...
·
Shall we come
to...
·
You must come
to...
|
·
I
would/will...
·
That would be
very nice
·
OK!
·
I’d like to
love to come
·
All right
(then)
|
·
Sorry, I
can’t
·
I’d love to,
but...
·
I don’t think
I can
·
I wish I
could, but....
|
C.
Media
Pembelajaran:
1.
Alat :
- Buku yang relevan (English in Focus for
Grade VII Junior High School
SMP/MTS)
- Script percakapan atau rekaman percakapan
2. Sumber :
- Tape
-
Kamus
-
Kaset/CD
D.
Model
dan Metode Pembelajaran :
·
Demonstrasi
E.
Strategi/
Proses Belajar Mengajar :
a.
Kegiatan
awal
·
Mengucapkan
salam dengan berkata “Assalamu’alaikum”
·
Mengucapkan
selamat pagi dengan berkata “Good morning”
·
Menanyakan
kondisi peserta didik dengan berkata “How are you today ?”
·
Mengabsen siswa
·
Berdo’a bersama
sebelum memulai pelajaran
·
Memberikan
motivasi
b.
Kegiatan
Inti
·
Menyuruh siswa
menyiapkan buku paketnya
·
Memberikan pengertian tentang menyetujui dan tidak menyetujui undangan dan ajakan beserta
contohnya
·
Menanyakan
siswa apakah mereka pernah menyetujui atau tidak menyetujui undangan dan ajakan
·
Menyuruh siswa
menjawab soal yang tertera di buku paket
c.
Kegiatan
akhir.
·
Menyimpulkan apa yang telah dijelaskan
·
Memberikan nasehat
·
Memberikan tugas rumah (PR)
·
Mengucapkan salam
F.
Evaluasi.
Listen to the tape and choose the correct response to the
expressions you hear
For example :
You will hear : Hey, tonight is
my birthday party, will you come ?
The best response is .....
a.
Of
course
b.
I
don’t think so
The correct
response is (a) Of course
1.
a. Maybe you are not good
b.
Thanks
for inviting me, but I can’t
2.
a. What a beautiful view!
b. OK!
3.
a. I don’t care
b. With the greatest pleasure
4.
a. All right
b. I hope not
5.
a. That would be very nice
b. Never mind
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tugas No.2
Nama Sekolah :
SMP/MTS................
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII
/ 1
Alokasi Waktu : 4 x
45 menit (2 x pertemuan)
Topik Pembelajaran : Congratulation
and Complimenting
Pertemuan Ke : 2
Standar
Kompetensi (SK)
Mendengarkan
1.
Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sangat
sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar (KD)
2.
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: Memuji, dan memberi selamat.
A.
Tujuan:
·
Siswa
dapat mengidentifikasi kata yang didengar
·
Siswa
dapat mengidentifikasi makna kata
·
Siswa
dapat mengidentifikasi makna tindak tutur memuji
·
Siswa
dapat merespon tindak tutur memuji
·
Siswa
dapat mengidentifikasi makna tindak tutur memberi selamat
·
Siswa
dapat merespon tindak tutur memberi selamat
·
Siswa
dapat mengidentifikasi konteks situasi
B.
Materi:
Contoh tindak tutur memuji
Complimenting
Someone
|
·
May I say how
elegant you look
·
If I may so,
you are quiet charming
·
My
compliments on your beautuiful
·
I really must
express my admiration for your party
·
You are
looking good
·
What a
charning dress !
·
That’s a very
nice coat !
·
You look nice
·
I like your
hair style !
·
You’re
terrific/fantastic
|
Contoh tindak tutur memberi selamat
Congratulating
Someone
|
·
Please accept
my warmest congratulations
·
I’d like to
be the first to congratulate you on...
·
It was great
to hear...
·
Congratulations
on your...
·
I must
congratulate you
·
May I
congratulate you on...
·
Congratulations
!
·
Congratulations
on your....
·
Well done !
·
Fantastic/terrific
!
|
C.
Media
Pembelajaran:
1.
Alat :
-
Buku yang relevan (English in Focus for Grade VII Junior High School
SMP/MTS)
- Script percakapan atau rekaman percakapan
2. Sumber :
- Tape
-
Kamus
-
Kaset/CD
D.
Model
dan Metode Pembelajaran :
·
Demonstrasi
E.
Strategi/
Proses Belajar Mengajar :
a.
Kegiatan
awal
·
Mengucapkan
salam dengan berkata “Assalamu’alaikum”
·
Mengucapkan
selamat pagi dengan berkata “Good morning”
·
Menanyakan
kondisi peserta didik dengan berkata “How are you today ?”
·
Mengabsen siswa
·
Berdo’a bersama
sebelum memulai pelajaran
·
Memberikan
motivasi
b.
Kegiatan
Inti
·
Menyuruh siswa
menyiapkan buku paketnya
·
Memberikan
pengertian pujian dan pemberian selamat beserta contohnya
·
Menanyakan
siswa apakah mereka pernah memberikan atau mendapat pujian dan selamat
·
Memberikan
contoh kalimat pujian dan selamat beserta situasi yang cocok
·
Menyuruh siswa
menjawab soal yang tertera di buku paket
c.
Kegiatan
akhir.
·
Menyimpulkan apa yang telah dijelaskan
·
Memberikan nasehat
·
Memberikan tugas rumah (PR)
·
Mengucapkan salam
F.
Evaluasi.
Listen to the tape and choose the correct response to the
expressions you hear
For example :
You will hear :
Congratulations on your success
The best response is .....
a.
It
is nice to hear you
b.
Thank
you very much
The correct
response is (b) Thank you very much
1.
a. I can’t believe it
b. That’s terrific. Congratulations!
2.
a. You look
great!
b. Wow, that’s fantastic!
3.
a. Thank you very much for your compliment
b. Congratulations!
4.
a. That’s amazing. Congratulations
b. That’s awful
5.
a. Thanks anyway
b. Never mind. It’s my pleasure
Tidak ada komentar:
Posting Komentar