Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA
.............................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 45 menit ( 2 x
pertemuan )
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
Memahami makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
Merespon makna
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang
menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari
C. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran peserta didik dapat :
·
Siswa dapat mengidentifikasi kata yang didengar
·
Siswa dapat mengidentifikasi makna kata
·
Siswa dapat mengidentifikasi hubungan antar pembicara
·
Siswa dapat mengidentifikasi konteks situasi
D. Indikator
Pencapaian Kompetensi
§ Mampu mengidentifikasi kata yang didengar
§ Mampu mengidentifikasi makna kata
§ Mampu mengidentifikasi hubungan antar pembicara
§ Mampu mengidentifikasi konteks situasi
E. Materi
Pembelajaran
Listen
to the following dialogue and fill in the blank spaces. Compare your answer to
your friends
Lina is reading a book in the city park. There is someone approaching her.
A girl :
Excuse me. Do you mind if I sit here ? I’m waiting for my friend
Lina :
No. ___________1
Lina continues her reading. After a long silence, the girl offers
something.
The girl : I brought some sandwiches. __________2 ?
(she hands a
sandwich to Lina)
Lina :
Thank you. (Lina takes it). It’s very
delicious. By the way, my
name is Lina _____________3
The girl : I’m Fanny. Nice to meet you too
Lina :
_____________4, how to make this sandwich ?
Fanny :
OK. ______________5, take two pieces of bread. Spread butter
on each piece.
Then,
cut cheese into slices. _____________6, place the slices on one
piece of the bread. Finally, put the other piece _____________7.
Lina : It’s very simple. I think ...
A girl is coming over to Lina and Fanny. She
interrupts them.
Santi : Hi Fanny. __________8 I’m
late
Fanny : That’s OK.
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Siswa mampu
mengidentifikasi kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara,
dan konteks situasi
|
§ Siswa
menganalisa kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, dan
konteks situasi
|
§ Siswa mengetahui
dan menghafal kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, dan
konteks situasi
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
a.
Mengucapkan salam dengan
ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan:
santun, peduli)
b. Mengecek
kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin,
rajin)
c. Mengaitkan
materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
d. Dengan
merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang
hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD.
Kegiatan Inti
a. Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru/mendengarkan
percakapan yang ada di tape
b. Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
c. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
d. Melakukan perintah yang diucapkan guru
Kegiatan Akhir
a.
Siswa diminta memberikan jawaban
sesuai dengan isi percakapan
b.
Mengecek tingkat kebenaran siswa
c.
Memberikan jawaban yang sesuai
beserta alasannya
d.
Pemberian nasehat dan motivasi
e.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
1. Alat :
- Buku yang relevan : Developing English Competencies for Grade X
Senior High School (SMA/MA)
- Script percakapan atau rekaman percakapan
2. Sumber :
- Tape
- Kamus
- Kaset/CD
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, performance assessment
(responding),
dan kuis
§ Bentuk instrumen : Tertulis
uraian singkat, pilihan ganda, kuis
dan
melengkapi
dialog
- Contoh instrumen :
Listen
to the tape and complete the dialogue.
Budi :
________1. Haven’t we met before ?
Rendi :
I don’t think so
Budi :
Anyway, ________2 Budi
Rendi : ________3 Rendi
Budi :
Do you somehow stay around here ?
Rendi :
Yeah. I stay in the Uptown Apartment on fifth Avenue
Budi :
That’s great. I also stay there on eleventh floor
Rendi :
Mine’s on teenth floor. Sorry, I have to get going ______4
Budi :
Oh, OK
See you then. Good bye
Rendi :
_______5
Pedoman
Penilaian
Sistem penskoran
Tes Tulis/lisan : 100
Jumlah yang benar
dibagi jumlah soal x 100 ( 5/5 x 100 = 100.00)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar